Minggu, 14 April 2013

AMD Siapkan FX Centurion Pesaing Core i7 Xtreme



Penjualan PC seperti dilaporkan analis pasar baru-baru ini, dianggap telah mencapai titik penurunan kritis. Namun demikian, ada sepasukan penggemar desktop kinerja tinggi yang sepertinya berat meninggalkan hobi tersebut dan membuat AMD dan Intel terus bertarung menghasilkan prosesor high-end untuk menarik perhatian mereka.


AMD sempat menyerahkan kasta tertnggi prosesor high end kepada rivalnya Intel dengan prosesor Core  i7 Extreme Edition seharga sekitar 1000 USD. Namun, AMD kabarnya akan kembali melancarkan serangan yang lebih sengit dengan CPU seri FX terbaru.

Menurut situs teknologi Hexus.net, perusahaan sedang mempersiapkan edisi prosesor FX “Centurion” yang dapat meningkatkan delapan core “Vishera” hingga mencapai 5GHz, tanpa perlu menggunakan pendingin cair.

Sebagai perbandingan, Core i7-3970X yang merupakan lini teratas prosesor Intel memiliki clock 3.GHz dan moda Turbo sebelum overclock mencapai 4GHz. Tentu angka gigaherz murni tidak sama dengan performa aktual, namun spesifikasi yang luar biasa sudah pasti diperlukan AMD untuk memberi persaingan sengit Intel Extreme Edition.

Bila sumber Hexus benar, AMD akan menetapkan harga Centurion 795 USD atau lebih murah sekitar 200 USD dari i7-3970X. Harga tersebut akan membuka pangsa pasar yang lebih besar, dibanding poin harga 1000 USD yang ditetapkan Intel untuk menjual seluruh prosesor Extreme Edition.

Sementara para penggemar overclock kemungkinan akan bersedia meninggalkan chip Extreme Edition, bila chip Centurion benar-benar memiliki performa lebih baik. Sayangnya seri FX umumnya kalah oleh lini prosesor Intel Ivy Bridge, meski sebagian membela prosesor AMD dengan alasan harga dan kinerja saling berkaitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar