Selasa, 20 November 2012

Komputer Tertua Bisa Beroperasi Kembali


Komputer bernama Witch yang mulai digunakan pada tahun 1951 dan kini tersimpan di musem komputer nasional Inggris di Bletchley Park, kembali direstorasi oleh suatu tim relawan. Butuh waktu sekitar tiga tahun bagi tim relawan untuk merestorasi komputer tertua di dunia bernama Harwell Dekatron atau dikenal sebagai Witch, agar dapat beroperasi kembali.

WITCH di National Museum of Computing (TNMOC) Bletchley Park, Inggris
 Mesin berbobot 2.5 ton tersebut mulai beroperasi pertama kali pada tahun 1951 dan mulai hari Selasa dipamerkan di National Museum of Computing (TNMOC) Bletchley Park, Inggris.

Kevin Murrell komisaris TNMOC yang memprakarsai proyek restorasi tersebut menyatakan, pada tahun 1951 Harwell Dekatron merupakan salah satu dari lusinan komputer yang ada di dunia. Merupakan sesuatu yang luar biasa bila komputer tersebut dapat bertahan secara utuh, sementara komputer lain seusianya sudah di daur ulang atau bahkan di hancurkan.

Komputer tersebut pada awalnya digunakan oleh pusat penelitian energi atom Harwell dan digunakan untuk melakukan perhitungan rutin. Sekitar tahun 1957 mesin dipindahkan ke universitas teknik Wolverhampton kemudian berganti nama menjadi WITCH (Wolverhampton Instrument for Teaching Computation from Harwell) dan digunakan hingga tahun 1973.

WITCH sempat dipamerkan di museum sains dan teknologi Birmingham, sebelum masuk gudang penyimpanan. Setelah Murrell mengidentifikasi gambar peralatan bersejarah yang terimpan dalam gudang, mesin kemudian dikeluarkan kembali pada tahun 2008 dan muncul gagasan untuk melakukan restorasi.

WITCH memiliki 828 katup Dekatron, 480 relay, 18 switch dan mengkonsumsi 1.5kW listrik. Menurut Tim restorasi, mayoritas komponen yang ada dalam mesin masih asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar