Senin, 29 Oktober 2012

Samsung Enggan Pasok LCD ke Apple


Hubungan baik yang terjalin antara Samsung dan Apple selama bertahun-tahun, makin memburuk akhir-akhir ini. Samsung dikabarkan mengakhiri kontrak dengan Apple, sehingga tidak lagi memasok LCD  bagi Apple mulai tahun depan.


Samsung Display yang telah menyediaan panel LCD kepada Apple untuk iPhone dan iPad selama bertahun-tahun, memutuskan kontrak secara resmi dengan pembuat iDevice baru-baru ini. Harga menjadi alasan bagi Samsung, sejak Apple mulai menggunakan pesaing Samsung dengan harga yang lebih murah. Sehingga Apple menuntut diskon yang lebih besar dari Samsung.

Laporan yang berasal dari Korean Times menyebutkan, Apple menurut Samsung tidak lagi menjadi penghasil uang bagi perusahaan dan pihak Samsung mengucapkan terima kasih, kepada struktur manajemen pasokan yang kaku.

Sumber dari Samsung yang namanya dirahasiakan kepada Times mengungkapkan, mereka tidak dapat memasok layar datar kepada Apple dengan harga diskon yang tinggi. Samsung telah mengurangi porsi pengiriman kepada Apple dan tahun depan pengiriman display perusahaan kepada Apple sudah dihentikan.

Menurut laporan Times, Samsung Display telah menjadi pemasok utama Apple selama enam bulan pertama 2012 dengan mengirim lebih dari 15 juta LCD. Rival senegaranya LG Display serta Sharp asal Jepang masing-masing hanya mengirim 12.5 juta dan 2.8 juta LCD kepada Apple. Namun pada kuartal ketiga, pengiriman Samsung turun menjadi 3 juta LCD dan diperkirakan mencapai titik terendah pada kuartal keempat menjadi 1.5 juta LCD.

Samsung pada bulan Ferbruari  melepas lini bisnis LCD perusahaan. Ini dilakukan karena Apple mungkin lebih bersedia melakukan bisnis dengan perusahaan yang terpisah dari Samsung, pesaing sengit Apple serta seteru berbagai macam hak paten di pengadilan seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar