Senin, 29 Oktober 2012

Microsoft Tidak Jual Media Fisik Windows 8


Pengguna komputer di China mungkin merasa beruntung memperoleh Windows 8 lebih awal dari pengguna di negara lain. Namun demikian, Microsoft ternyata memiliki lebih banyak kejutan yang disiapkan untuk pasar negara tertentu, terutama yang banyak dibanjiri oleh software bajakan.

Windows 8 Pro

Di China perusahaan teknologi berbasis di Redmond kabarnya tidak akan menjual media fisik yang biasanya berbentuk box DVD untuk Windows 8. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya Microsoft dalam mengurangi pembajakan software di negara tersebut.

Sementara para peminat Windows 8 di China, dimungkinkan untuk beralih dari Windows sebelumnya melalui layanan upgrade online Microsoft, yang memungkinkan pembeli Windows lama memperoleh sistem operasi baru dengan harga lebih murah. Selain itu, Windows 8 juga dijual secara pre-install pada komputer dan laptop baru, sehingga bila membeli sistem baru dari ritel resmi, sekaligus memperoleh salinan asli dari OS tersebut.

Juru bicara Microsoft kepada ComputerWorld mengungkapkan, setelah berdiskusi dengan banyak pelanggan, Microsoft memutuskan untuk membuat model distribusi Windows yang lebih sederhana, dengan meniadakan seluruh media fisik Windows dipasaran.

Microsoft sejak lama berusaha mengurangi pembajakan siftware di Cina dan mendesak pemerintah mendukung upaya tersebut, karena pihaknya menemukan beberapa BUMN China mengandalkan versi Windows dan Office palsu.

Melarang penjualan media fisik Windows 8 merupakan salah satu keputusan paling tegas Microsoft dalam memerangi software bajakan dan sepertinya, versi bajakan dari generasi Windows sebelumnya masih banyak beredar di China, bahkan beberapa pedagang menjaualnya dengan harga sangat miring.

Kondisi yang sama terjadi pada tahun 2009, ketika Microsoft sedang bersiap-siap meluncurkan sistem operasi Windows 7. Beberapa bulan sebelum diluncurkan secara resmi, salinan bajakan dari OS tersebut dapat ditemukan diberbagai toko di China dan sebagian besar penuh dengan malware dan file berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar