Kamis, 04 April 2013

Samsung dan Mozilla Kembangkan Browser Masa Depan



Pembuat browser Firefox berkolaborasi dengan Samsung untuk sebuah engine browser Web baru bernama Servo yang disebut-sebut Mozzilla, merupakan upaya membangun kembali browser Web mulai dari bawah untuk hardware modern.

Servo seperti diungkapkan Mozilla melalui posting diblognya, ditulis dengan bahasa pemrograman baru bernama Rush, yang dikembangkan oleh perusahaan bersama dengan komunitas Mozilla.

Menurut Brendan Eich CTO Mozilla, langkah tersebut pada dasarnya merupakan cara berfikir Mozilla kedepan, agar siap memanfaatkan teknologi mendatang lebih cepat, seperti multi-core maupun arsitektur komputer heterogen.

Melalui Servo perusahaan ingin merancang platform yang dapat memasuki hardware parrallel massal untuk menyediakan pengalaman Web yang kaya, sekaligus mengatasi penyebab kerentanan keamanan. Untuk mencapainya, Mozilla akan mempertemukan bahasa pemrograman Rust dengan engine web browser eksperimen Servo di Android dan ARM. Mozilla saat ini juga telah mengembangkan sendiri sistem operasi smartphone Firefox OS miliknya.

Eich mengungkapkan, Samsung telah berkontribusi sebagai penyokong ARM untuk Rust dan telah membangun infrastruktur yang diperlukan untuk cross-compile ke Android. Sedangkan Mozille telah mengerjakan Rust selama beberapa tahun. Tim kini telah mencapai versi 0.6 dan dengan cepat akan mencapai stabilitas. Mozilla berharap bisa meluncurkan revisi besar pertama dari Rust tahun ini.

Pengumuman ini muncul sehari setelah Mozilla merilis Firefox 20 dengan penambahan fitur simultance standard dan private browsing, sekaligus penyempurnaan download manager yang lebih mudah diakses dan dukungan terhadap WebRTC getUserMedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar