Senin, 08 April 2013

Intel Gandakan Kecepatan Thunderbolt



Intel telah menggandakan kecepatan teknologi transfer data Thunderbolt, yang akan membuat pertukaran data antara host komputer seperti Mac dan peripheral dapat mencapai kecepatan rata-rata 20 gbps (gigabits perdetik).

Ini merupakan peningkatan kecepatan pertama sejak teknologi Thunderbolt diperkenalkan pada awal tahun 2011, yang telah mencapai kecepatan transfer data stabil mencapai 10 gbps.

Peningkatan ini akan membuat Thunderbolt unggul atas USB 3.0 yang hanya mampu mentransfer data dengan kecepatan 5 gbps. Sayangnya produsen peripheral, PC dan perangkat lain sejauh ini tidak terlalu tertarik mengadopsi teknologi Thunderbolt.

Kecepatan ganda Thunderbolt membuat Mac dapat mendukung display 4K dengan resolusi mencapai 3840x2160 pixel atau empat kali lebih besar dari dari standar resolusi HD saat ini yang hanya 1920x1080 pixel. Port Thunderbolt juga ada disejumlah produk PC dari Acer, Hewlett-Packard, Lenovo dan Dell.

Dalam suatu pernyataan Intel menyatakan, peningkatan kecepatan Thunderbolt akan memungkinkan transfer file video 4K sekaligus menampilkannya dilayar secara bersamaan. Pada kecepatan 20 gbps, membuat perangkat tambahan bisa mentransfer video 4K ke layar sekaligus file video 4K pada perangkat storage secara simultan. Perangkat storage dan display yang kompatibel bisa dipasang melalui port Thunderbolt tunggal.

Peningkatan kecepatan dihasilkan dari chip kontroler Thunderbolt baru dengan nama kode Falcon Ridge, yang sedianya diperkenalkan Intel saat NAB Show yang akan berlangsung pada 6 hingga 11 April di Las Vegas. Menurut Intel, chip akan diproduksi pada akhir tahun ini.

Intel juga memiliki rencana lain dalam upaya meningkatkan kecepatan Thunderbolt. Perusahaan tengah meneliti penggunaan silikon nanophotonic di Thunderbolt pada tahun 2015, yang akan mampu meningkatkan kecepatan transefer data menjadi 50 gbps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar