Kamis, 11 April 2013

Kamera Digital Segera Miliki Sensor Ultra HD



Bila kamera 8-megapixel yang terdapat pada iPhone 5 belum membuat anda cukup puas, atau mungkin Nikon D800E dengan resolusi kamera 36-megapixel seharga sekitar 3000 USD belum membuat anda merasa takjub. Jangan khawatir, anda akan segera menyaksikan lahirnya sejumlah kamera digital dengan resolusi yang jauh lebih besar.


Menurut laporan Cnet bar-baru ini, CMOSIS yang berbasis di Belgia telah mengembangkan sensor gambar CHR70M yang akan membuat panas kompetisi.

CHR70M merupakan sensor gambar CMOS resolusi tinggi yang dapat menangkap gambar berukuran luar biasa mencapai 10000x7096 pixel. Sehingga menjadikannya, salah satu dari sensor kamera beresolusi ultra high-definition yang mampu mencapai 79 megapixel.

Tidak seperti jenis sensor yang dipangkas seperti terdapat pada beberapa kamera, salah satunya Canon 7D. Sensor CHR70M berukuran penuh 35mm, sehingga mampu menangkap gambar hingga tiga frame perdetik dalam resolusi penuh.

Sensor sendiri dihasilkan dari keajaiban rekayasa yang masing-masing dioda pixel mencapai ukuran hanya 3.1x3.1 mirometer dan setiap dioda terhubung pada transistor. Sensor dilengkapi pula dengan sejumlah output analog, yang beroperasi pada 30MHz.

Ada juga sensor kamera yang dapat mencapai resolusi tinggi luar biasa mencapai 80-megapixel, Leaf Aptus-II 12. Sensor ini kabarnya jauh lebih sensitif dan lebih cepat dari sensor yang tersedia saat ini.

Sensor beresolusi tinggi akan menjadi kebutuhan penting, sebab industri media mulai merangkul teknologi seperti resolusi 4K. Teknologi ini dipastikan segera menjamah perangkat konsumer, seperti kamera digital dan smartphone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar