Kamis, 11 April 2013

Apple Bayar 10 Juta USD Untuk Lisensi Palm



Apple yang sebelumnya pernah menyebut paten Palm sama sekali tidak berharga, kini sepertinya sudah membuang jauh-jauh pikiran tersebut. Perusahaan kabarnya menghabiskan 1 milyar yen atau 10 juta USD untuk lisensi paten dari Access CO, perusahaan asal Jepang yang membuat software untuk perangkat mobile, set-top box dan produk lain.

Access merupakan pengakusisi PalmSource pada 2005, yang merupakan pemilik sistem operasi Palm. Kesepakatan menurut blog asal Jepang Macotakara, telah ditandatangani pada 31 maret yang mencakup paten smartphone dari Palm, PalmSource, Bell Communication Research serta Geowork.

Pada tahun 2007 Steve Job pernah mengancam palm dengan gugatan hukum, bila perusahaan tidak menyetujui kesepakatan dengan Apple untuk tidak saling merekrut karyawan. Jobs bahkan sempat merendahkan paten Palm dan mengungkapkan, dirinya sama sekali tidak peduli dengan mereka dan menyarankan agar perusahaan tersebut memperhatikan portofolio paten miliknya sebelum membuat keputusan.

Tuntutan yang terkait dengan paten terus merajalela disektor teknologi, terutama smartphone dan tablet yang pasarnya tumbuh dengan pesat. Apple memenangkan gugatan paten terhadap Samsung pada Agustus tahun lalu dan berbagai perusahaan lain juga saling melancarkan gugatan paten.

Sementara beberapa perusahaan mulai fokus pada lisensi dan melakukan akusisi. Seperti Google yang membeli Motorola Mobility untuk membantu membangun arsenal paten mereka. Pada akhir tahun 2010 Microsoft juga membeli lusinan paten dari Access. Paten disebut-sebut sebagai pondasi dasar dipasar smartphone.

Palm merupakan salah satu pelopor awal dipasar smartphone, yang kalah bersaing dengan Apple dan Google Android. Pada tahun 2003, PalmSource yang mengembangkan dan melisensikan Palm OS dipisahkan dari Palm.

Setelah itu Palm OS beralih menjadi sistem operasi baru disebut dengan WebOS dan dibeli oleh Hewlett-Packard, yang segera menggagas rencana untuk membuat perangkat WebOS. Namun belum lama ini LG dikabarkan telah sepakat membeli WebOS dari HP untuk menggunakan sistem operasi tersebut di smart TV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar