Rabu, 03 April 2013

Chip Mobile Akan Lebih Kuat dari Konsol Game


Konsol game Microsof Xbox 360 maupun Sony PlayStation 3 menawarkan kinerja dan kemampuan game yang luar biasa. Kedua konsol game saat ini bahkan tidak dapat dibandingkan dengan PC Gaming kelas menengah sekalipun. Namun demikian, chip perangkat mobile generasi mendatang benar-benar akan meninggalkan konsol jauh dibelakang, baik dari performa komputasi maupun dari segi kemampuan.


Toni Tamasi wakil presiden senior konten dan teknologi Nvidia dalam wawancara dengan situs Bit-Tech mengungkapkan, PlayStation 3 dan Xbox 360 tidak lebih bertenaga dari perangkat mobile. Klik selanjutnya dari perangkat mobile akan mengalahkan kedua konsol tersebut.

Petinggi Nvidia tersebut tidak mengungkapkan chip mobile mana yang akan lebih bertenaga dari PS3 dan X360. Namun logis bila mengharapkan chip Tegra 5 generasi mendatang berkode nama Logan dengan core grafik arsitektur Kepler serta core ARM Cortex, akan menawarkan kinerja setara dengan konsol video game saat ini.

Namun menurut Xbitlabs,  mengingat Xbox 360 dirilis Microsoft pada tahun 2005 dan Sony mengumumkan PlayStation pada 2006 lalu, bisa dipastikan teknologi yang digunakan keduanya saat ini sudah ketinggalan zaman. Sehingga bukan sesuatu yang mengejutkan bila system-on-chip untuk perangkat mobile dimasa mendatang bisa mengungguli kedua konsol game tersebut.

Sementara yang menjadi perhatian lain adalah, apakah pengembang software mobile bisa memanfaatkan secara penuh  kecanggihan SoC perangkat portable, serta menghadirkan game untuk smartphone dan tablet seperti pada PS3 dan Xbox.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar