Rabu, 03 April 2013

Baidu Kembangkan Perangkat Saingan Google Glass


Baidu kabarnya sedang mengikuti jejak perusahaan teknologi terkemuka asal AS dalam mengembangkan gadget pintar yang bisa dikenakan. Mesin pencari terkemuka di China, sedang menggarap teknologi perangkat yang bisa dikenakan mirip dengan perangkat Google Project Glass.


Sumber terpercaya kepada situs berita Sina.com mengungkapkan, Baidu sedang menguji prototipe yang dinamai Baidu Eye.

Perangkat memiliki display LCD, kontrol suara pengenal gambar dan bone-sensing atau penginderaan tulang. Bone-sensing mengacu pada teknologi induksi audio melalui tulang, dimana gelombang suara diubah menjadi getaran kecil, sehingga bisa didengar langsung oleh telinga bagian dalam tanpa melalui gendang telinga. Teknologi ini membuat pengguna bisa mendengar musik stereo dengan jelas, bahkan bila menggunakan penutup telinga.

Menurut laporan tersebut, pemakai Baidu Eye akan dapat melakukan panggilan telpon, melakukan pencarian di web dan menggunakan gerakan untuk mengambil dan mengirim photo. Perangkat juga dikembangkan sebagai platform terbuka, sehingga pihak luar bisa mengembangkan aplikasi untuk perangkat.

Sina.com juga mengutip situs berita berbahasa China QQ.com yang mengabarkan, Baidu bekerjasama dengan Qualcomm, perusahaan chip yang berbasis di AS untuk menciptakan perangkat dengan daya tahan baterai mencapai 12 jam.

Sementara perusahaan riset teknologi ABI Research pada bulan Februari kemarin menyatakan, dalam waktu dekat perangkat yang dapat dikenakan akan digunakan secara umum setidaknya dalam waktu lima tahun. ABI memperkirakan pasar perangkat komputasi yang bisa dipakai akan tumbuh hingga 485 juta pengiriman pada tahun 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar