Selasa, 19 Maret 2013

Software Fujitsu Bisa Ukur Detak Jantung Lewat Ponsel



Seteleh muncul aplikasi yang dapat memeriksa kandungan urin melalui smartphone, laboratorium Fujitsu kabarnya berhasil mengembangkan software yang mampu mengukur denyut nadi secara akurat, dengan memanfaatkan kamera yang ada di smartphone maupun tablet.


Perusahaan mengungkapkan, teknologi dibuat berdasarkan fakta aliran darah yang dipompa jantung mempengaruhi kecerahan wajah seseorang. Hemoglobin yang membawa oksigen keseluruh tubuh menyerap cahaya hijau, sehingga menganalisa perubahan rona wajah bisa mengungkap kondisi jantung seseorang.

Sementara sensor gambar menangkap informasi pixel melalui warna merah, biru dan hijau memiliki kemampuan built-in dalam mendeteksi hemoglobin. Teknologi Fujitsu kemudian melacak wilayah tertentu disekitar wajah untuk melakukan pengukuran detak jantung.

Joseph Dean jurubicara Fujitsu menyatakan, monitor denyut nadi yang dikembangkan Fujitsu berbasis software, sehingga dapat digunakan oleh smartphone, tablet maupun PC. Software dapat mengambil denyut seseorang dalam waktu lima detik dan secara otomatis menyaring sample ketika sesorang masih menghadap kamera untuk meningkatkan akurasi.

Software kemungkinan juga memiliki kemampuan mengukur denyut seseorang secara diam-diam sepanjang hari, dengan memanfaatkan kamera yang tertanan di ponsel, komputer maupun smart TV. Sehingga kondisi kesehatan seseorang dapat terpantau setiap saat

Fujitsu rencananya mengkomersilkan teknologi dalam 12 bulan mendatang dan akan dirilis pertama kali di Jepang, serta mempertimbangkan untuk dirilis secara internasional. Menurut Dean, perusahaan masih ragu apakah software akan dirilis untuk perangkat Fujitsu saja atau dibuat juga untuk perangkat dari produsen lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar