Minggu, 10 Maret 2013

Samsung Dominasi Pasar Smartphone China



Raksasa elektronik asal Korea Selatan naik keposisi teratas produsen smartphone di China setelah tahun 2012 lalu sukses menjual 30.06 juta unit, atau hampir tiga kali lebih besar dari jumlah penjualan tahun sebelumnya yang mencapai 10.9 juta unit. 


Kantor berita Yonhap mengutip angka dari Strategy Analytics mengungkapkan, Samsung menguasai 17.7 persen pangsa pasar China pada ahun 2012, melonjak dari tahun sebelumnya yang hanya 5.3 persen. Ini juga menandai pertama kalinya Samsung menempati posisi teratas, sejak memasuki pasar China pada 2009.

Laporan tersebut menambahkan, pencapaian diraih melalui pengakuan merek Samsung dikancah global, serta kerjasama yang lebih baik dengan operator telekomunikasi di China.

Nokia menjadi korban dari sukses Samsung di China. Produsen ponsel asal Finlandia yang pada tahun 2011 menguasai 29.9 persen pangsa pasar, terjun bebas keposisi ketujuh menjadi 3.7 persen tahun lalu.

Posisi nomor 2 brand smartphone di China pada 2012 ditempati Lenovo yang menguasai 13.2 persen pangsa pasar, naik 4 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan Apple diposisi ketiga dengan 11 persen, diikuti produsen perangkat telekomunikasi Huawei dengan 9.9 persen.

Namun, kelanjutan dominasi Samsung di pasar China diliputi ketidak pastian. Awal bulan ini Pemerintah China secara terbuka mengungkapkan keprihatinnya terhadap dominasi sistem operasi Android dengan menyatakan, meski bersifat terbuka tetap dikontrol secara ketat oleh Google. Sebagian besar smartphone populer Samsung mayoritas menjalankan sistem operasi Google Android.

Menteri industri dan teknologi informasi China melalui surat kabar mengungkapkan, produsen handset negaranya sangat bergantung dengan Android. Artinya, ada royalti yang harus dibayarkan untuk memperoleh lisensi paten maupun litigasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar