Kamis, 21 Maret 2013

Produsen Asal Taiwan Fokus Pada Tablet Murah



Kondisi penjualan PC yang masih lemah menurut analis, membuat Acer dan Asustek Computer produsen komputer asal Taiwan, berupaya merebut pasar teknologi yang tengah berubah dengan memproduksi tablet murah kerena tingginya permintaan konsumen.
Acer Iconia Tab B1
Eksekutif Acer menurut PCWorld dihadapan para wartawan hari Selasa kemarin mengungkapkan, perusahannya berharap bisa mengirim hingga 10 juta tablet pada 2013. Jumlah tersebut mencakup dua veri tablet Android Acer Iconia B1 yang dipasarkan dengan harga sekitar 150 USD dan 179 USD.

Asus juga memiliki ambisi yang sama dan berharap bisa mengirim sedikitnya 10 juta tablet tahun ini. Perusahaan telah mengalami pertumbuhan bisnis tablet pada 2012 setelah bermitra dengan Google untuk meluncurkan tablet Nexus 7, produk tablet yang dipasarkan dengan harga mulai dari 199 USD.

Sejak Nexus 7 diluncurkan pada Juli lalu, pengiriman tablet Asus dapat menyentuh angka 5.3 juta unit, naik dari 1.4 juta pengiriman pada semester pertama tahun lalu.

Acer dan Asus terlihat smakin optimis dengan pasar yang sebagian besar masih didominasi oleh Apple iPad. JT Wang CEO Acer pada hari Selasa menyatakan, rantai pasokan teblet telah tumbuh dengan matang untuk mendukung pemasaran produk secara masal. Menurut Wang, dalam beberapa bulan terakhir sudah ada beberapa perubahan yang sangat positif. Pesar telah matang dan ini merupakan kesempatan yang bagus bagi Acer serta pemain lain.

Konsumen seperti diungkapkan perusahaan riset Gartner, membeli tablet murah dengan harga antara 100 hingga 500 USD dari vendor yang disebut dengan white box atau tanpa merk. Vendor white box ini mengirim 25 juta tablet kepada pelanggan.

Menurut Tracy Tsai analis Gartner, sejauh ini permintaan tersebut belum bisa dipenuhi oleh vendor branded dan untuk tablet high-end, jelas lebih didominasi oleh Apple iPad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar