Kamis, 21 Maret 2013

GPU Nvidia Membuat Prediksi Cuaca Lebih Akurat



Swiss National Supercomputing Center (CSCS) akan mengupgrade superkomputer miliknya dengan GPU Nvidia, agar lebih akurat dalam memprediksi cuaca dipegunungan Alpen.


Thomas Schoenemeyer direktur associate tim integrasi teknologi CCSCS menyatakan, pihaknya ingin mengaktifkan layanan cuaca nasional MeteoSwiss dengan mengupgrade sistem Cray XC30, agar dapat memprediksi cuaca secara akurat hingga bagian lembah sempit yang tidak bisa dilakukan oleh model saat ini.

Menurut Schoenemeyer, Swiss memiliki topografi paling komplek di dunia. Pegunungan yang curam bisa menyebabkan perbedaan pola cuaca dari lembah kelembah, sehingga sangat sulit memprediksi cuaca secara akurat.

Superkomputer disebut sebagai Piz Daint, yang merupakan nama dari salah satu puncak gunung di Swiss. CSCS akan meningkatkan kekuatan sistem yang saat ini mencapai 750 teraflop, agar dapat mencapai setidaknya satu petaflop atau lebih.

Schoenemeyer menambahkan, menggunakan kombinasi dari CPU dan GPU dapat membuat kinerja aplikasi menjadi lebih baik dan menghasilkan konsumsi listrik yang efisien. Kode Meteo juga berjalan dengan baik melalui kombinasi CPU dan GPU.

Nvidia melalui posting diblognya menyatakan, superkomputer baru CSCS akan menggunakan GPU accelarator  Nvidia Tesla K20X yang secara dramatis dapat memperluas dan memperdalam cakupan riset  iklim serta  pemodelan cuaca, sekaligus bidang lain seperti astrofisika, ilmu material dan lingkungan.

Piz Diant yang telah diupgrade CSCS seperti diungkap Schoenemeyer, akan digunakan untuk menjalankan sedikitnya 30 model berbeda perkiraan cuaca secara bersamaan, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Selain itu, Center for Climate System Modeling (C2SM) di Zurich rencananya menggunakan komputer tersebut untuk memprediksi iklim dalam 100 tahun kedepan.

Superkomputer CSCS akan beroperasi pada awal 2014 dan akan menggunakan air dari danau Lugano sebagai pendingin, sekaligus dimanfaatkan pula untuk menghangatkan gedung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar