Rabu, 20 Maret 2013

Pendiri BlackBerry Investasi Dibidang Quantum



Mike Lazaridis pendiri sekaligus mantan CEO BlackBerry sepertinya telah menyimpang dari perangkat mobile dan memusatkan perhatiannya pada teknologi quantum. Lazardis berkeinginan untuk membawa terobosan dalam ilmu pengetahuan tersebut dalam dunia komersil.

Mike Lazaridis
Menurut Wall Street Journal, teknologi quantum sangat menarik bagi Lazaridis. Ia dan rekannya Doug Freign yang juga salah seorang pendiri BlackBerry, telah meluncurkan dana investasi 100 juta USD yang dinamai Quantum Valley Investement, dalam upaya mewujudkan terobosan yang berasal dari ilmu quantum untuk digunakan secara komersil.

Contoh terobosan dalam ilmu kuantum menurut Lazaridis bisa disaksikan dalam film Sar Trek. Kepada Bloomberg Lazaridis mengungkapkan, ada kabar dari seluruh dunia bahwa ilmu pengetahuan quantum mulai membuahkan hasil. Bahkan, sudah ada X Prize tricorder medical seperti yang muncul dalam Star Trek. Sejumlah perangkat dan prediksi dari Star Trek juga telah menjadi kenyataan, seperti komputer, aktivasi suara, pengenal suara hingga komunikator pada smartphone dan komputer saat ini.

Pada Januari 2012 Lazaridis mengundurkan diri sebagai CEO BlackBerry, karena perusahaan kehilangan kepercayaan dari para investor serta mengalami penurunan pendapatan dan keuntungan. Dirinya telah lama mengejar minatnya terhadap teknologi quantum. Selain Quantum Valley Investement, Lazardis pada September 2012 juga meluncurkan Quantum-Nano Centre di Ontario, Kanada.

Kepada Wall Street Journal Lazardis mengungkapkan, pihaknya ingin ilmuwan datang kepadanya dengan penemuan yang benar-benar merupakan sebuah terobosan, sehingga bisa dilihat potensi yang ada. Ini bukan seperti penyertaan modal, sehingga tidak semua orang yang muncul dengan ide dari garasi maupun kamar asrama kampus bisa mendapatkan dana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar