Senin, 25 Maret 2013

Perusahaan Asal China Siap Luncurkan Smartwach



Berbeda dengan Apple, Google dan Samsung Electronic yang sedang mempersiapkan jam tangan pintar mereka, perusahaan asal China yang disebut Guoke sedang bersiap meluncurkan perangkat tersebut yang ditenagai oleh sistem operasi open source.

Ilustrasi Smartwatch
Situs berita Cnet.com melaporkan, Guoke anak perusahaan Shanda yang berbasis di China, berencana menjual smartwatch pada bulan Juni. Belum ada keterangan mengenai perangkat smartwatch yang akan dijual perusahaan, kecuali fakta bahwa perangkat akan muncul dalam dua versi. Satu berbasis sistem operasi Google Android dan satunya lagi menampilkan platform OS Mozilla Firefox. Menurut sumber Cnet, dapat membaca e-book serta literatur digital lain merupakan kemampuan utama dari smartwatch milik Guoke.

Berapa lama baterai dapat menghidupkan smartwatch tersebut juga masih misteri, mengingat Google Android merupakan sistem operasi yang haus daya listrik, begitu pula dengan Firefox OS yang berbasis HTML5. Selain itu, Firefox OS yang berteknologi HTML5 membutuhkan koneksi internet sepanjang waktu, sehingga sulit untuk dipenuhi oleh perangkat kecil.

Shanda Interactive Entertainment dalam penelusuran Xbitslabs, merupakan operator game online asal China dan penerbit buku. Menurut Xbitlabs, perusahaan ini jelas tertarik untuk mempopulerkan video game dan e-book, namun belum jelas jam interaktif terutama yang berbasis FireFox OS bisa mempromosikan produk tersebut.

Jam tangan interaktif seharusnya diposisikan sebagai pendamping smartphone dan media tablet. Sehingga masuk akal bila mengharapkan smartwatch hanya dilengkapi control media player, update informasi, kalender, kompas, pengingat, sistem pembayaran NFC serta fungsi lain yang tidak membutuhkan layar mewah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar