Jumat, 08 Maret 2013

Intel Incar Produksi Chip iPhone dan iPad



Intel berencana memperluas teknologi manufakturnya untuk memperoduksi chip yang dirancang oleh Altera, pelanggan pertama dalam kontrak bisnis manufaktur atau pengecoran chip. Laporan dari Reuters baru-baru ini juga menyebutkan, Apple akan menjadi pelanggan potensial berikutnya.


Perusahaan sejak tahun lalu telah melakukan pembicaraan dengan Apple untuk memindahkan produksi chip mobile dari Samsung ke Intel. Namun menurut Reuters, kedua perusahaan sejauh ini belum mencapai kesepakatan.

Laporan Reuter muncul setelah Doug Freedman analis RBC Capital Market mengungkapkan, dirinya membayangkan Apple dan Intel membangun kemitraan baru dimana Intel akan terlibat dalam pembuatan iPhone dengan memproduksi chip smartphone berbasis ARM, dalam pertukaran penggunaan prosesor Intel x86 untuk iPad generasi mendatang.

Apple selama bertahun-tahun mengandalkan Samsung untuk membangun prosesor mobile. Namun, bisnis smartphone Samsung yang terus memberi tekanan terhadap produk Apple menimbulkan ketegangan hubungan kedua perusahaan, sehingga mendorong raksasa teknologi Cupertiono untuk mencari alternatif lain.

Selain Intel, Taiwan Semiconductor (TSMC) disebut-sebut sebagai salah satu mitra baru yang berpotensi mengambil pekerjaan tersebut. Namun menurut analis, rencana tersebut juga belum terwujud.

Samsung sementara ini masih memproduksi cukup banyak chip untuk Apple iPhone, iPad maupun iPad Touch termasuk chip A5, A5X, A6 dan A6X. Sehingga masih menjadi tanda tanya besar, perusahaan mana yang akan dipercaya memproduksi chip terbaru Apple A7, yang kemungkinan digunakan untuk model iPhone maupun iPad generasi berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar