Rabu, 13 Maret 2013

Chip Laptop Baru AMD Terinspirasi Konsol Game



Advanced Micro Device meminjam teknologi dari perangkat mobile dan konsol game dalam upayanya, mendorong penjualan prosesor laptop A-series terbaru yang diperkenalkan hari Selasa kemarin.

Prosesor AMD Richland
Prosesor A-Series terbaru berkode nama Richland menjadi pengganti chip laptop saat ini dengan nama kode Trinity, yang diperkenalkan sekitar pertengahan tahun lalu. Prosesor x86 Richland menurut keterangan AMD, menawarkan kinerja 20 hingga 40 persen lebih tinggi dibanding chip Trinity.

Chip ditujukan untuk laptop maupun perangkat dengan layar yang dapat dilepas untuk digunakan sebagai tablet. Pesaing chip merupakan prosesor Intel Core berbasis mikroarsitektur Ivy Bridge, maupun chip masa depan Intel berbasis mikroarsitektur Haswell untuk laptop dan tablet yang akan diperkenalkan tahun ini.

APU A-series akan menghadirkan sejumlah fitur dilaptop termasuk teknologi pengenal isyarat, dimana pengguna dapat melambaikan tangan mereka untuk mengontrol PC. AMD memanfaatkan webcam PC untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Teknologi pengenal isyarat telah ada dikonsol game sejak bertahun-tahun lalu, dimulai dengan Nintendo Wii. Chip AMD digunakan pada konsol game Nintendo terbaru Wii U, serta akan menjadi otak dari Sony PlayStation 4.

A-Series Richland terbaru meliputi chip quad-core A10 dan A8 serta chip dual-core A6 dan A4, yang beroperasi pada kecepatan antara 3.1GHz dan 3.5GHz. Chip quad-core memiliki cache 4MB, sementara dual-core memiliki cache 1MB dan membutuhkan 35 watt listrik. Sementara varian A-series low voltage yang lebih hemat listrik, kabarnya akan diumumkan pada akhir tahun.

AMD berharap, chip Richland akan menjadi faktor penentu dalam mengembalikan keuntungan perusahaan setelah merestrukturisasi jajaran produknya selama 18 bulan terakhir. Richland merupakan tahap awal chip yang dihasilkan dari perubahan roadmap yang diungkap tahun lalu oleh manajemen baru dibawah kepemimpinan CEO Rory Read.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar