Rabu, 06 Maret 2013

APU AMD Fusion Kaveri Dukung Memori GDDR5


Meski APU (accelarated processing unit) AMD sejak lama dilengkapi dengan core grafik canggih, namun kinerjanya memiliki keterbatasan disebabkan bandwith memory yang tidak mendukung. Melalui APU performa tinggi generasi berikutnya dengan nama kode Kaveri, AMD akhirnya bisa mendobrak potensi Radeon HD, karena akan dilengkapi dengan kontroler memory GDDR5 128-bit.

APU AMD Fusion Llano
APU AMD Fusion A-Series dengan nama kode Kaveri diproyeksikan memiliki empat core Streamroller x86 performa tinggi, sekaligus GCN berbasis arsitektur grafik AMD Radeon HD 7000. Menurut situs BrightSideOfNews, fitur yang paling tidak terduga pada Kaveri ialah memory controller 128-bit yang akan mendukung baik memory DDR3 sekaligus GDDR5. Jenis memory GDDR5 akan memungkinkan grafik terintegrasi memiliki kinerja sangat tinggi, untuk sistem jenis all-in-one maupun perangkat mobile.

Bandwith maksimum yang tersedia pada subsistem memory dual-channel DDR3 hanya sebesar 1866MHz atau 29.8GB/s cukup untuk mikroprosesor saat ini. Namun, bandwith kemungkinan tidak cukup untuk adapter grafik powerful. Sebaliknya, subsistem memory berbasis GDDR5 128bit dengan clock speed efektif 3400MHz, memungkinkan bandwith memory mencapai 54.4GB/s atau 82% lebih tinggi dibanding subsistem berbasis DDR3.

Kabarnya, APU Kaveri A-series dengan memory GDDR5 akan muncul dalam paket BGA yang terseolder langsung pada mainboard. BGA tidak terlalu bermasalah untuk sistem seperti notebook maupun desktop all-in-one, namun akan membuat kecewa para penggemar PC rakitan karena kemungkinan besar mereka tidak lagi memiliki pilihan untuk upgrade.

Sementara AMD diperkirakan akan merilis APU Fusion A-series APU pada akhir tahun 2013. Namun, belum jelas apakah AMD akan langsung memasarkan APU generasi mendatang dalam jumlah besar atau hanya merilis secara resmi APU terbaru mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar