Jumat, 15 Maret 2013

Aplikasi Pemblokir Iklan Ditarik dari Google Play



Google telah menghapus semua aplikasi pemblokir iklan dari Google Play. Menurut Android Police, Google telah memberitahukan developer pemilik aplikasi pemblokir iklan untuk OS mobile Google, bahwa aplikasi mereka sudah tidak tersedia di Google Play.
Menurut Android Police, AdAway merupakan salah satu app yang diblokir dan digambarkan sebagai aplikasi pemblokir iklan open source menggunakan host file untuk Android. AdAway melalui posting disitus Google developer menyatakan, pihaknya menerima email penghapusan AdAway dari Google Pay karena melanggar Developer Distribution Agreement point 4.4.

Point 4.4 melarang setiap aplikasi yang dirasa menggangu, merusak atau mengakses secara tidak sah perangkat, server, jaringan maupun properti lain atau layanan apapun termasuk dari pihak ketiga, namun tidak dibatasi untuk pengguna Android, Google maupun operator selular.

Aplikasi lain yang ditarik dari Google Play ialah AdBlock Plus, yang dapat memblokir semua iklan online, saat browsing maupun saat menggunakan aplikasi favorit anda seperti Angry Birds.

Wladimir Palant pengembang AdBlock dalam posting diblognya menyatakan, pengguna yang perangkatnya sudah terpasang AdBlock dapat terus menggunakannya. Namun, mereka tidak akan memperoleh update, sehingga harus menginstall rilis berikutnya dari app tersebut. Ia menambahkan, AdBlock akan diserahkan kepada store app alternetif lain.

Sementara Jared Rummler pengembang ROM Toolbox, Android Overclock dan aplikasi lain melalui tweetnya mengungkapkan, dirinya mendapat informasi dari Google dan sepertinya semua app pemblokir iklan telah dihapus dari Google Play.

Saat dirinya menanyakan alasan penarikan app pemblokir iklan juru bicara Google menyatakan, pihaknya menghapus app dari Google Play karena telah melanggar kebijakan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar