Kamis, 28 Februari 2013

Aplikasi Ucheck Bisa Deteksi Penyakit Melalui Urin



Sesuai namanya, smartphone kini bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi canggih. Smartphone kini juga dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, termasuk mendeteksi kandungan urin untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang.

Sebuah aplikasi iPhone terbaru yang dikembangkan oleh Myshking Ingawale enterpreneur MIT dan diresmikan saat konfrensi TED minggu ini, memungkinkan orang-orang memeriksa sample urin menggunakan perangkat ponsel mereka.

Jangan khawatir, pengguna tidak harus menyiram smartphone mereka dengan air seni, sebaliknya aplikasi yang disebut Ucheck memanfaatkan kamera smartphone untuk menetukan kandungan dalam urin. Pengguna harus menampung urin mereka dalam suatu wadah dan menempatkan strip analisa urin berkode warna pada wadah. Hasilnya kemudian diphoto dengan kamera smartphone dan biarkan aplikasi memproses hasilnya.

Ucheck dapat mendeteksi hingga 25 penyakit, seperti diabetes, infeksi saluran kemih maupun pre-clampsia. Aplikasi juga dapat mengukur kadar glukosa, protein dan banyak lagi. Sementara menurut Wired, pengujian sebanyak 1200 sample memperlihatkan, aplikasi tersebut jauh lebih akurat dari manusia dalam menerjemahkan kode warna pada strip.

Tujuan Ingwale ialah membantu orang-orang agar lebih peduli dengan kondisi kesehatan atau untuk memantau kondisi penyakit mereka. Idealnya, ini merupakan informasi tambahan untuk dikonsultasikan dengan dokter.

Menurut Wired, aplikasi sedang dalam proses perizinan dari Apple dan Ingawale juga sedang menggarap aplikasi tersebut untuk Android. Kabarnya aplikasi bisa diperoleh dengan biaya sekitar $1, sementara paket strip sekaligus petunjuk megenai kode warna dijual dengan harga sekitar $20.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar