Kamis, 06 Desember 2012

Smartphone Segera Bisa Rasakan Emosi


Smartphone dalam waktu dekan akan dapat merasanakan suasana hati penggunannya, melalui aplikasi yang dapat membaca suasana hati seseorang dan dibuat para peneliti untuk perangkat mobile. Aplikasi tersebut menentukan suasana hati berdasarkan intonasi suara seseorang.

Emoticons
 Ilmuan dari Universitas Rochester yang dipimpin Wendi Weinzelman profesor teknik elektro dan komputer, telah membuat aplikasi yang dapat meneliti kualitas tertentu dari suara seseorang untuk menentukan suasana hatinya.

Mengenai bagaimana smartphone dapat memahami emosi manusia, para ilmuwan mengarahkan aplikasi untuk fokus pada bagaimana seseorang berbicara bukan memperhatikan apa yang dibicarakan. Aplikasi dirancang untuk dapat menganalisis 12 intonasi bicara, seperti volume dan tekanan suara dalam menentukan perasaan emosi. Emosi yang diuji antara lain senang, sedih, takut, jijik dan netral.

Aplikasi menganalisis rekaman suara yang berkisar pada volume, tekanan, nada suara dan lain sebagainya dalam interval pendek. Para peneliti telah memprogramnya agar dapat mengklasifikasikan karakteristik suara tertentu dalam mengukur emosi, sehingga aplikasi kemudian mampu menentukan salah satu dari lima suasana hati seseorang.

Dalam pengujian, aplikasi memiliki akurasi mencapai 81 persen, meningkat dari upaya sebelumnya yang hanya mencapai 55 persen. Namun kelemahannya ialah, ketika rekaman suara diganti dengan orang berbeda akurasinya turun menjadi 30 persen. Sehingga para peneliti kini masih berupaya agar aplikasi dapat memahami emosi dari orang yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar