Rabu, 05 Desember 2012

Ilmuwan Perangi HIV Menggunakan GPU Nvidia


Ilmuan medis Sapnyol seperti diungkapkan produsen chip grafis, memanfaatkan kekuatan ribuan jaringan PC yang dilengkapi dengan kartu grafik Nvidia dalam memerangi virus HIV, penyebab penyakit AIDS.
GPU Nvidia GeForce GTX 680M
Bila hasil simulasi mengenai perilaku protein yang disebut HIV proetase sukses, bisa menjadi suatu terebosan penting dalam memberikan pemahaman mengenai bagaimana virus berkembang dan menular.

Dalam sebuah posting diblognya Nvidia mengungkapkan, para ilmuwan Hospital del Mar Medical Research Institute (IMIM) dan Pompeu Fabra University (UPF) di Barcelona bersama para relawan memanfaatkan sumberdaya GPUGrid.net dalam memperoleh proses komputasi  pada level kinerja yang hanya bisa dilakukan oleh superkimputer bernilai jutaan dolar.

Proses tersebut mirip dengan pemanfaatan jaringan komputer di masa lalu dalam mendistribusikan upaya komputasi intensif seperti SETI@home. Sementara GPUGrid.net menawarkan peneliti kekuatan sebuah superkomputer virtual dengan menghubungkan masing-masing komputer melalui software yang didownload dan diinstall oleh para relawan.

Jaringan GPU kemudian diperintahkan mencurahkan sumber daya yang tidak terpakai untuk proyek tersebut, untuk mendemonstrasikan bagaimana protein HIV dapat membelah dirinya sendiri dari rantai poly-protein, yang diyakini merupakan fase awal penularan HIV. Namun, proses tersebut berlangsung tanpa menggangu kinerja komputer yang digunakan relawan.

Menurut Nvidia, melalui penggunaan GPUGrid.ne para ilmuwan dari IMIM dan UPF dapat menjalankan ribuan simulasi komputer protein HIP yang rumit dalam waktu singkat. Proses ini juga memberikan tim ilmuan tingkat kepercayaan yang tinggi, bahwa simulasi mewakili perilaku dalam dunia nyata.

Proses tersebut juga diharapkan dapat membantu tim ilmuan dalam mengembangkan obat antiretroviral baru, yang berpotensi menghentikan perkembangan dan penularan virus HIV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar