Minggu, 09 Desember 2012

Qualcomm Tambah Dua CPU Snapdragon Baru


Quacomm dikabarkan sedang mempersiapkan dua prosesor quad-core baru untuk pasar smartphone kelas menengah. Produsen chip AS menyatakan, akan merilis dua lini CPU Snapdragon terbaru tahun depan yang dirancang untuk jaringan 3G dan pada bulan Juni sampel akan tersedia bagi produsen ponsel.
Logo Qualcomm Snapdragon
Snapdragon MSM8226 dan MSM8626 akan mendukung berbagai fitur yang kini menjadi standar smartphone high-end, seperti mampu merekam dan memutar video definisi tinggi 1080p dan kamera dengan dukungan resolusi 13-megapixel.

Prosesor quad-core saat ini digunakan sebagian besar oleh smartphone high-end seperti Samsung Galaxy S3. Sementara penurunan biaya produksi membuat penawaran prosesor baru seperti dari Qualcomm, akan membuatnya lebih cepat muncul pada model smartphone dengan harga terjangkau.

Menurut Qualcomm, chip dibuat menggunakan proses produksi 28-nanometer, serta akan mendukung standar jaringan telkomunikasi China seperti CDMA dan HSPA, dimana biaya ponsel umumnya lebih rendah dibanding dengan AS dan Eropa. Perusahaan juga menyatakan, chip dioptimalkan untuk memperpanjang energi baterai sekaligus mampu menampilkan kemampuan grafis yang sangat baik.

Tambahan dua chip baru makin memperbanyak lini prosesor quad-core Snapdragon. Pada bulan September kemarin Qualcomm telah mengumumkan dua CPU mobile, dengan spesifikasi lebih rendah dan segera muncul pada perangkat konsumen tahun depan.

Fokus Qualcomm pada perangkat mobile membantu perusahaan terus tumbuh, sementara produsen chip lain berjuang menghadapi pasar stagnan.

Perusahaan riset iSuppli belum lama ini menyatakan, tahun ini Qualcomm mengalami pertumbuhan pendapatan 27.2 persen dan menjadi perusahaan semikonduktor nomor tiga dunia, dibelakang Intel dan Samsung. Melonjak dari peringkat kesembilan hanya dalam waktu dua tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar