Senin, 17 Desember 2012

Cisco Berencana Jual Divisi Router Linksys


Cisco Systems merupakan salah satu produsen perangkat jaringan komputer terbesar di dunia. Produk Cisco mayoritas ditujukan untuk segmen bisnis dan pelanggannya umumnya perusahaan berskala menengah keatas, sementara Cisco memiliki divisi brand khusus yang mewakili perusahaan disegmen konsumer bernama Linksys dengan produk seperti router wireless, hub maupun IP Camera.
Namun Cisco sepertinya berniat menjual Linksys dan telah menggandeng Barclays PLC untuk membantu mencarikan pembeli potensial. Menurut Bloomberg, Linksys cukup menarik bagi investor yang mencari perusahaan dengan brand serta teknologi yang telah diakui.

Cisco membeli Linksys pada tahun 2003 senilai 500 juta USD untuk menjadi divisi perusahaan networking konsumer miliknya . Saat itu Linksys merupakan perusahaan berkembang dengan margin keuntungan yang rendah. Linksys kini diperkirakan memiliki nilai lebih rendah dibanding dengan jumlah yang Cisco bayar sebelumnya sebesar 500 juta USD.

Seperti umumnya perusahaan teknologi saat ini, Cisco juga telah merampingkan perusahaan sebagai upaya menghemat biaya operasi terkait perekonomian dunia yang belum stabil. Perusahaan telah merumahkan 7.800 karyawannya selama setahun terakhir serta menutup unit kamera video Flip yang menghasilkan camcorder genggam digital berukuran kecil.

Perusahaan juga mengungkapkan, pihaknya berencana mengintagrasikan produk videoconfrensi konsumer kedalam lini produk Business TelePresence perusahaan sebagai bagian dari proses perampingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar