Senin, 10 Desember 2012

Apple dan Google Ingin Kuasai Paten Kodak


Kabar dari Bloomberg baru-baru ini mengindikasikan Google dan Apple yang diduga saling bekerjasama untuk menguasai harta karun Kodak, berupa paten bernilai lebih dari 500 juta USD. Pelepasan hak paten merupakan dampak dari bangkrutnya Kodak yang terungkap pada bulan Januari tahun ini.

Logo Kodak
Portofolia Kodak yang terdiri dari sekitar 1.100 paten menjadi bagian penting dari pemecahan masalah keungan, yang kemungkinan dapat menyelamatkan Kodak dari kebangkrutan pada awal semester pertama tahun 2013. Menurut sebuah artikel dari Wall Street Journal, harga pembelian final akan lebih rendah dari perkiraan awal Kodak yang menyebut nilai portofolionya bernilai total 2.6 milyar USD.

Uniknya dua perusahaan yang bekerjasama ingin menguasai paten Kodak merupakan dua raksasa teknologi yang saling bersaing. Namun menurut Rip Empson dari TechCrunch, terdapat sejumlah kelebihan dibalik kerjasama dua perusahaan tersebut.

Kerjasama memungkinkan dua perusahaan memiliki penawaran lebih untuk seluruh portofolio Kodak. Sementara bagi Kodak, perusahaan akan menerima lebih banyak uang dari hasil penjualan dan nilainya kemungkinan bisa mencapai milyaran dolar sesuai kisaran awal, karena paten Kodak sendiri telah dilisensikan secara luas.

Sedangkan bagi Apple dan Google, masing-masing perusahaan dapat menghindari perang penawaran yang berpontensi membuat mahal portofolio Kodak. Melalui kerja sama ini memungkinkan Google dan Apple bisa menghindari biaya tinggi dan rasa frustasi dimasa depan, terkait masalah hukum seputar pembelian paten.

Bukan situasi yang baik bila kedua perusahaan kemudian harus mengalami kondisi tersebut, setelah terlibat dalam perang penawaran yang mahal untuk portofolio paten milik Kodak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar