Selasa, 05 Maret 2013

Sony Ingin Posisi Ketiga Produsen Smartphone Dunia



Sony Corp tidak hanya memiliki niat serius untuk terjun kembali dipasar smartphone high-end, namun sangat berambisi menjadi pemain utama dipasar komunikasi mobile. Perusahaan berupaya menjauhkan diri dari Huawei dan mulai menggarap proyek yang selama ini dikuasai Apple dan Samsung. Namun Sony sepertinya tidak lagi memandang BlackBerry dan Nokia sebagai pesaing kuat.

Sony Smartphone
Kunimasa Suzuki pada suatu konfrensi di Tokyo seperti dilaporkan Reuters baru-baru ini menyatakan, perusahaan ingin meraih tempat ketiga untuk pasar smartphone dunia dibelakang Apple dan Samsung Electronic.

Sony berencana melakukan pengembangan smartphone yang disesuaikan dengan kondisi pasar. Artinya, perusahaan akan merancang produk high-end untuk pasar negara maju sekaligus handset low-end untuk pasar negara berkembang.

Pada kuartal empat 2012, smartphone yang dikirim produsen mencapai angka 219.4 juta unit untuk pasar diseluruh dunia. Angka tersebut mewakili 45.4% dari jumlah pengiriman ponsel secara keseluruhan dan sejauh ini merupakan persentase pengiriman tertinggi untuk smartphone.

Sementara Sony menyumbang 9.8 juta (4.5%) smartphone pada kuartal keempat 2012, hanya selisih 1 juta unit atau 0.4% pangsa pasar dibelakang Huawei. Buat Sony ini perkara mudah untuk melewati Huawei dan membiarkan ZTE tetap dibelakang, dengan mengandalkan kepemimpinannya dalam industri mobile entertainment, dikombinasikan dengan pertumbuhan portofolio smartphone high-end.

Namun, Sony sepertinya tidak menghiraukan ada pemain besar lain seperti BlackBerry, Nokia dan LG Electronic yang juga berambisi serta memiliki kemampuan melawan Sony, melalui kerjasama yang baik dengan pengembang maupun industri hiburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar