Minggu, 31 Maret 2013

Lenovo Rancang Sendiri Chip Smarphone dan Tablet



Lenovo salah satu produsen komputer PC  terbesar dunia menurut laporan sebuah media,  sedang mengembangkan sendiri solusi system-on-chip untuk perangkat mobile. Nantinya chip tersebut akan diintegrasikan kedalam produk media tablet dan smartphone generasi baru yang ditawarkan oleh perusahaan.


Website EETime mengutip sumber industri asal China terpercaya mengungkapkan, perusahaan yang selama ini hanya memiliki tim kecil desain IC dengan pekerja sekitar 10 orang, kini berkomitmen untuk memperbesar tim tersebut dengan sekitar 100 insinyur pada pertengahan tahun ini.

Rencana tersebut didorong oleh niat perusahaan untuk mengontrol secara penuh sejumlah fitur, kinerja serta kemampuan smartphone dan tablet. Bila melihat fakta bahwa perusahaan ingin melakukan custom secara maksimal pada solusi sistem-on-chip miliknya, sangat logis bila Lenovo diperkirakan akan memperluas lini perangkat mobile mereka secara signifikan.

Saat ini Lenovo masih menggunakan mikroprosesor yang dirancang oleh perusahaan seperti Intel dan MediaTek, yang mengkhususkan diri pada desain maupun produksi chip. Sementara Samsung dikabarkan menolak proposal untuk memasok system-on-chip Exynos kepada Lenovo, yang menjadi salah satu alasan perusahaan untuk mengembangkan tim desainer chip.

Tim desain chip Lenovo jelas akan berkembang luas secara signifikan. Apple saja kabarnya mempekerjakan lebih dari 1000 desainer chip, sehingga membuat system-on-chip miliknya sangat terkemuka dipasaran.

Sedangkan 100 insinyur Lenovo diharapkan bisa menghasilkan SoC mainstream meski tanpa terobosan, untuk membuat produk canggih dengan fitur premium yang dihasilkan oleh software. Sehingga perusahaan bisa menawarkan solusi jitu yang tidak akan bisa disediakan oleh para pesaingnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar