Selasa, 18 Desember 2012

Foxconn Mulai Produksi Smartphone Amazon


Awal tahun ini muncul isu kemungkinan Amazin sedang menggarap produk smartphone, langkah yang dianggap terlalu ambisius untuk mengulang kembali kesuksesan Amazon dengan Kindle Fire. Namun laporan dari Taiwan mengklaim bahwa, produksi perangkat smartphone Amazon telah dimulai dan ditangani langsung oleh Foxconn.

Ilustrasi Smartphone Amazon
Taiwan Economic News melaporkan, Foxconn perusahaan yang terkenal sebagai produsen dibelakang iPhone dan iPad telah mulai memproduksi handset smartphone baru dari Amazon. Laporan juga mengklaim, Foxconn akan memproduksi sekitar 5 juta unit handset, angka yang tidak terlalu besar danmengisyaratkan sikap kehati-hatian Amazon dalam memasuki pasar baru yang sangat kompetitif.

Laporan tersebut mengklaim smartphone Amazon akan ditawarkan dengan harga berkisar antara 100 hingga 200 USD. Bila benar smartphone akan dijual dengan poin harga terendah, berarti sesuai dengan strategi perusahaan untuk membawa pelanggan masuk kedalam ekosistem e-commerce Amazon dan tidak mengambil margin keuntungan dari hardware.

Berbeda dengan strategi Apple yang meraih margin keuntungan tinggi, CEO Amazon Jeff Bezos sepertinya lebih memilih menggunakan pendekatan lain. Dalam suatu pernyataan bulan Oktober lalu Bezon menyatakan, pihaknya melakukan pendekatan dengan mengupayakan harga hardware yang rendah. Penjualan perangkat mendekati harga impas akan membuat pelanggan memperoleh hardware dengan sejumlah fitur canggih dengan harga sangat murah.

Sumber berita berbasis di Asia ini juga mengklaim, perangkat jadwalnya diluncurkan sekitar kuartal kedua atau kuartal ketiga 2013, yang memungkinkan handset memperoleh waktu untuk berkompetisi selama beberapa bulan sebelum peluncuran iPhone terbaru, dengan asumsi jadwal peluncuran Apple berlangsung seperti biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar